Cara Terbaik Budidaya Ikan Lele Hemat Biaya

Cara Budidaya Ikan Lele Hemat Biaya

Softdf.com – Saat ini peluang bisnis perikanan atau ternak ikan cukup menjanjikan bagi kalangan petani ikan, khususnya peternak ikan lele. Ikan lele merupakan salah satu ikan yang budidayanya cukup mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Ikan lele juga mempunyai tingkat konversi pakan menjadi bobot tubuh yang cukup baik.

Bagi anda yang mau mencoba dan belajar budidaya ikan lele dengan modal hemat tanpa banyak mengeluarkan biaya dapat mengikuti tips yang kami berikan berikut ini. Namun sebelum memulai belajar, alangkah baiknya anda pelajari dulu seluk beluk tentang ikan lele agar tidak salah dalam melangkah.

Pembibitan Benih Lele

Hal pertama yang harus diperhatikan bagi peternak ikan lele adalah pembibitan benih lele, untuk mengelola ikan lele anda harus memilih bibit unggul atau yang benar-benar sehat agar dalam proses budidaya pembesaran akan lebih menjanjikan.

Untuk mengembangkan benih ikan lele pilihlah bibit dengan ukuran 5-7 cm yang kondisinya sehat, cara mebedakan kondisi bibit lele sehat atau tidak ada hal-hal yang harus diperhatikan sebagai berikut :

  • Benih ikan lele yang sehat adalah ikan yang berenangnya normal, lincah dan ketika diberi aliran air dia akan berenang melawan arus air.
  • Pastikan Kondisi fisiknya tidak cacat atau luka di bagian kepala, ekor, maupun tubuhnya

Persiapan Kolam

Kolam Tanah Ikan Lele

Setelah anda mendapatkan bibit unggul untuk budidaya lele, selanjutnya siapkan kolam yang akan anda gunakan untuk budidaya pembesaran ikan lele. Untuk meghemat biaya anda dapat memilih jenis kolam yang cocok untuk budidaya ikan lele.

Beberapa jenis kolam lele yang dapat anda gunakan ialah kolam tanah, kolam terpal, atau karamba. Namun untuk yang paling mudah dilakukan dimana saja yaitu kolam tanah, selain mudah membuatnya, anda juga lebih hemat biaya daripada kolam lainnya.

Kolam tanah merupakan kolam yang paling alami, untuk persiapan kolam pastikan kondisi kolam steril dan juga airnya bersih. Selain itu jaga juga kesehatan tanahnya agar ikan lele dapat berkembang lebih baik.

Manajemen Pakan Lele

Dalam proses budidaya ikan lele tidak lepas dari kebutuhan akan pakan atau konsumsi ikan lele itu sendiri, jenis pakan ikan lele juga terbagi menjadi 2 jenis yaitu pakan utama dan juga pakan tambahan. Pakan utama yaitu pakan yang dibeli dari toko-toko pakan ternak yang mengandung banyak protein untuk ikan lele tersebut.

Sedangkan pakan tambahan yaitu makanan yang diberikan sebagai tambahan untuk menghemat biaya budidaya seperti limbah ayam atau kadang juga dedaunan seperti daun pepaya. Untuk merawat agar ikan lele dapat berkembang dengan baik anda harus memperhatikan proses pemberian pakan kepada ikan lele yang anda budidaya.

Manajemen pemberian pakan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ikan lele dan jangan sampai banyak pakan yang terbuang percuma sehingga menjadi penyakit untuk ikan yang anda budidaya.

Selain berpengaruh terhadap pertumbuhan ikan, manajemen pakan juga sangat mempengaruhi biaya yang akan anda keluarkan untuk mengelola dan membesarkan ikan lele tersebut. Untuk itu agar budidaya ikan lele anda hemat biaya, anda harus benar-benar memperhatikan manajemen pakan.

Manajemen Waktu Budidaya

Hal yang tidak kalah penting dalam budidaya ikan lele yaitu manajemen waktu pembesaran ikan lele dari bibit hingga siap panen. Waktu ideal untuk panen yaitu sekitar 2,5 sampai 3,5 bulan sejak pembibitan dari ukuran 5-7 cm.

Dalam kurun waktu tersebut setidaknya ikan lele 1 kg isi 9-10ekor sudah siap panen atau dijual, apabila dalam kurun waktu tersebut belum siap panen, maka besar kemungkinan budidaya ikan lele anda kurang maksimal atau dikatakan gagal.

Panen Ikan Lele

Setelah melewati beberapa tahap pembibitan, penyiapan kolam, manajemen pakan maka tiba saatnya anda memanen hasil budidaya ikan lele yang siap jual. Ikan lele biasanya dijual dengan hitungan per KG. Idealnya ikan lele 1 KG berisi 9 sampai 10 ekor, sebelum panen usahakan jangan memberi pakan kepada ikan lele sehingga ketika diangkut tidak banyak pakan yang terbuang sehingga buang-buang duit biaya pakan.

Proses panen ikan lele yaitu kurun waktu 2,5 sampai 3,5 bulan sejak mulai memelihara bibit ukuran 5-7cm. Harga ikan lele juga bervariasi mengikuti trend pasar yang ada di tiap lokasi. Itulah penjelasan singkat tentang cara budidaya ikan lele hemat biaya yang dapat jadi referensi anda yang mau belajar budidaya ikan lele dari awal, semoga bermanfaat.