Cara Pembenihan Ikan Lele Hingga Siap Dibesarkan

Cara Mudah Pembenihan Ikan Lele

Softdf.com – Dalam bisnis budidaya ikan lele ada 2 jenis budidaya yaitu pembesaran ikan lele dan juga pembenihan ikan lele. Untuk proses pembesaran ikan lele sudah kami bahas di artikel sebelumnya tentang cara budidaya ikan lele hemat biaya. Kali ini kita akan membahas tentang cara pembenihan ikan lele untuk dijual sebagai bibit lele agar dibesarkan.

Dalam proses pembenihan ikan lele juga harus memepersiapkan beberapa hal dan juga memperhatikan faktor – faktor yang mempengaruhi proses pembenihan. Hal yang harus diperhatikan dan disiapkan meliputi kolam, ikan indukan, makanan, kondisi air dan lain-lain.

Seleksi Indukan Ikan Lele

Untuk memperoleh induk ikan lele yang bagus harus disiapkan sejak ikan lele masih kecil ukuran kisaran 5-10 cm. Pilihlah calon indukan yang sehat dan lincah agar hasil benih juga bagus untuk dibudidaya. Pastikan calon indukan mempunyai sifat-sifat unggul tan tidak cacat.

Rawatlah calon indukan ikan lele sebaik mungkin dengan memberikan nutrisi dan juga air yang sehat, setelah ikan sudah besar dan sudah matang gonad maka siap dijadikan induk ikan lele. Berikut syarat indukan ikan lele yang sudah matang gonad baik jantan maupun betina.

Indukan ikan lele betina yang sudah matang gonad :

  • Perutnya membesar ke arah anus dan terasa lembek jika diraba
  • Saat diurut akan mengeluarkan telur berwarna hijau tua
  • Alat kelamin seperti membengkak dengan warna kemerahan
  • Warna ikan lele menjadi coklat kemereahan
  • Gerakan berenangnya lambat

Indukan ikan lele jantan yang sudah matang gonad :

  • Tubuhnya ramping
  • Alat kelaminnya memerah
  • Warnanya coklat kemerahan
  • Gerakan berenangnya lincah dan agresif

Proses Perkawinan Ikan Lele

Proses perkawinan ikan lele dibagi menjadi 2 jenis yaitu perkawinan alami dan juga perkawinan intensif. Perkawinan alami merupakan perkawinan yang tanpa campur tangan manuasia sehingga berdasarkan kemauan ikan itu sendiri.

Sedangkan perkawinan intensif merupakan perkawinan yang membutuhkan campur tangan manusia agar ikan lele segera mengalami pembuahan.

Perawatan Larva Ikan Lele

Setelah proses perkawinan terjadi, maka ikan lele akan mengalami pembuahan dan akhirnya menghasilkan larva ikan lele yang mana inilah yang akan kita rawat sehingga menjadi bibit ikan lele. Saat dalam bentuk larva ini harus dijaga dan dirawat dengan sangat hati-hati.

Saat larva lahir sudah membawa cadangan makanan sendiri-sendiri sehingga kita tidak perlu memberi makan sekitar 3-4 hari pertama. Setelah itulah baru larva dikasih makan kuning telur rebus dan dihambur-hamburkan ke kolam larva.

Apabila larva sudah agak besar maka makanan yang harus diberikan juga berubah yaitu berupa cacing pita, cacing pita sangat cocok diberikan untuk makanan larva ikan lele hingga menjadi benih berukuran 1-2 cm.

Pendederan Benih Ikan Lele

Pendederan benih ikan lele merupakan proses pemindahan larva ikan lele ke kolam pembesaran sementara hingga siap dijadikan bibit ikan lele ketika berukuran 5-7cm. Proses pendederan benih ikan lele ini harus memperhatikan beberapa hal sebagai berikut ini :

  1. Persiapan Kolam

Dalam menyiapkan kolam untuk benih ikan lele harus memperhatikan kesehatan dan kebersihan airnya. Pastikan air sering diganti secara teratur agar tidak terkontaminasi gas beracun dari sisa-sisa pakan yang tidak termakan.

  1. Menyiapkan Makanan

Makanan yang harus diberikan kepada benih ikan juga harus menyesuaikan ukuran ikan, selain itu anda juga harus mengatur manajemen pakan dan memahami kapan harus memberi makan yang baik kepada benih ikan lele.

Untuk benih ikan lele pastikan memberikan makana yang kaya kandungan protein agar benih cepat tumbuh dan siap dibudidaya pembesaran ikan. Setiap ukuran ikan lele makananya juga harus berbeda, untuk mendapatkan pakan anda dapat membeli di toko pakan ternak terdekat atau online.

  1. Pelepasan Benih Ikan lele

Benih ikan lle yang sudah siap untuk tahap pendederan yaitu benih yang sudah berukuran 1-2 cm dan berumur kurang lebih 3 minggu semenjak menetas. Proses pelepasan ke kolam baru juga harus berhati-hati karena ketika masih kondisi benih, ikan lele sangat sensitfi terhadap suhu atau cuaca dan kondisi air.

Panen benih Ikan Lele

Setelah ikan lele berukuran 5-7 cm maka benih siap untuk dipanen dan dibesarkan ataupun dijual kepada para peternak ikan lele. Lakukan pemanenan  benih ikan lele dengan sangat hari-hati agar ikan tidak mudah stress dan cacat.

Apabila mau dibesarkan sendiri anda tinggal memindahkan ke kolam pembesaran ikan lele, sedangkan jika mau dijual maka anda harus memiliki pembeli dari peternak pembesaran ikan lele. Itulah sedikit tips cara pembenihan ikan lele hingga siap untuk dibesarkan.