Faktor Penyebab Gagalnya Budidaya Ikan Lele

Penyebab Gagalnya Budidaya Lele Bagi Pemula

Sobat Ternak – Budidaya lele memang menjadi salah satu opsi bisnis di pedesaan untuk saat ini, selain mudah mendapatkan benihnya, pengembangan lele juga tidak terlalu sulit. Namun tahukah anda jika ada beberapa hal yang sering tidak diperhatikan oleh peternak pemula, sehingga hal itu menyebabkan kegagalan dalam budidaya lele.

Bagi para peternak lele harus berhati-hati dan tidak asal-asalan dalam budidaya ikan lele, berikut ini beberapa faktor penyebab gagalnya budidaya lele yang perlu anda ketahui dan pelajari agar tidak salah dalam menangani dan merawat ikan lele.

Pemilihan Lokasi

Bagi para peternak pemula, lokasi sering dianggap sepele, yang penting ada lahan kosong langsung dipakai untuk lahan budidaya lele. Namun tahukah anda, jika lokasi dan keadaan lingungan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ikan lele. Anda harus memahami lokasi yang anda pakai, suhu udara dan juga keadaan lingkungan.

Apakah lokasi anda rawan banjir, banyak suara bising, suhu udara panas atau dingin, hal itu juga berpengaruh terhadap pertumbuhan ikan lele. Sebelum budidaya lele alangkah baiknya anda perhatikan kondisi wilayah anda agar setiap resiko dapat diatasi dengan baik. Jenis-jenis ikan lele tertentu juga cocok-cocokan hidup di suatu wilayah.

Pemilihan Benih Yang Kurang Bagus

Dalam budidaya ikan lele juga perlu memperhatikan bibit atau benih yang mau anda besarkan, jangan asal-asalan membeli benih ikan lele. Hal ini sangat mempengaruhi hasil panen kedepannya, jika benih ikan bagus, maka persentase panen juga akan bagus, begitu juga sebaliknya.

Dalam memilih benih ikan lele yang mau dibesarkan anda harus paham ciri-ciri ikan lele yang sehat seperti apa, pilihlah benih ikan yang lincah berenangnya, ukuran benih kisaran 5-7 cm, serta tidak mempunyai luka fisik dalam tubuhnya. Belilah bibit atau benih ikan lele di peternah benih lele secara langsung agar anda bisa mengetahui kondisi benih yang mau anda beli.

Kondisi Air Kolam

Kondisi PH air juga sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ikan lele, usahakan kondisi air dalam kolam sehat dan sering diganti agar tidak mudah terkena penyakit dan hama. Selain itu, jangan menggunakan air kolam yang mengandung kaporit seperti air PDAM, hal itu sangat mempengaruhi kesehatan dan perkemabangan ikan lele.

Ph air kolam juga harus stabil karena jka tidak stabil dapat menyebabkan ikan lele mudah stress dan nafsu makannya berkurang hingga dapat menyebabkan kematian bagi ikan yang masih kecil karena kurang makan.

Makanan Ikan Lele

Dalam budidaya ikan lele anda harus memperhatikan makanan yang akan anda berikan kepada ikan lele, setiap umur ikan makanannya juga harus berbeda-beda. Selain itu jenis makanan yang anda berikan juga harus mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh ikan lele.

Manajemen pakan sangat penting agar tidak terjadi kebanyakan makanan sehingga menimbulkan sisa-sia makanan yang bisa mengakibatkan air mengandung gas beracun. Pemberian makan kepada ikan lele juga harus beraturan, anda harus paham kapan ikan lele sedang agresif dan kapan ikan kurang terlalu bernafsu makan.

Ikan lele merupakan salahs atu jenis ikan yang aktif pada malam hari sehingga konsumsi makanan pada malam hari lebih banyak daripada ketika pagi atau siang hari. Pahami juga nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan ikan lele dalam makanan yang anda berikan seperti protein karbohidrat lemak dan juga vitamin.

Filter Ikan Lele Besar dan Kecil

Ketika merawat ikan lele biasanya ikan tidak tumbuh secara merata ada yang besar dan juga ada yang kecil, untuk itu diperlukan fiter ikan besar dan kecil harus dipisah agar pertumbuhan dapat lebih seimbang.

Apabila anda tidak memfilter ikan besar da kecil biasanya ikan kecil akan kalah dalam perebutan makanan dan bahkan ikan kecil dimakan ikan besar jika kekurangan makanan. Oleh karena itu memfilter ikan juga sangat penting bagi para peternak ikan lele agar hasil budidaya lebih optimal.

Pengetahuan tentang nutrisi, vitamin dan obat untuk ikan lele

Banyak peternak ikan lele yang kurang paham tentang nutrisi dan obat yang dibutuhkan oleh ikan lele agar tumbuh optimal dan tidak mudah terkena hama penyakit, itu menjadi salah satu faktor yang menyebabkan seringnya kegagalan dalam membesarkan ikan lele.

Untuk itu ada baiknya juka peternak juga belajar tentang nutrisi serta vitamin dan obat yang harus disiapkan dalam membudidayakan ikan lele agar dapat tumbuh maksimal sehingga menguntungkan ketika sudah mencapai tahap panen.