Cara Mudah Budidaya Ikan Lele Sangkuriang

Cara Budidaya Ikan Lele Sangkuriang

Sobat ternak – ikan lele sangkuriang merupakan salah satu ikan lele yang menjadi favorit bagi para peternak ikan lele di Indonesia untuk dibudidaya. Ikan lele sangkuriang ini merupakan hasil rekayasa genetika dari ikan lele dumbo yang menghasilkan salah satu spesies ikan lele lebih baik daripada ikan lele dumbo.

Ikan lele sangkuriang ini berasal dari jawa barat dan mengadopsi nama dari legenda jawa barat pula yaitu legenda sangkuriang. Ikan lele ini lebih mudah dibudidaya di Indonesia karena mempunyai beberapa kelebihan yang sangat disukai oleh para peternak ikan lele.

Ikan lele sangkuriang juga sangat mudah didapatkan bibitnya di peternak-peternak ikan lele yang ada di wilayah Indonesia. Pembibitan yang mudah dan makanan yang mudah jadi salah satu alasan banyak peternak yang menetaskan atau mendedarkan benih ikan lele jenis ini.

Kelebihan Ikan Lele Sangkuriang

Berikut ini merupakan kelebihan-kelebihan ikan lele jenis sangkuriang yang sering dijadikan acuan oleh para peternak untuk membudidayakan ikan lele sangkuriang.

Ikan lebih cepat besar (cepat panen)

Kelebihan utama dari ikan lele jenis sanguriang ini adalah ikan lebih cepat besar dalam proses pembenihan maupun pada tahap pembesaran. Dalam waktu kurang lebih 2 bulan para peternak sudah bisa panen ikan lele sangkuriang apabila pembesaran mulai dari benih 5-7cm. Pembenihan juga lebih cepat tumbuh dariukuran 1-2 cm hanya dalam waktu 25 hari dapat berukuran 5-7 cm.

Rasanya Enak

Ikan lele sangkuriang juga dikenal dengan rasa dagingnya yang enak dan gurih, lebih enak daripada ikan lele dumbo. Dagingnya terkenal lebih padat gurih dan juga minim akan lemak sehingga sangat digemari oleh penduduk di Indonesia.

Telurnya lebih banyak

Bagi para peternak bibit ikan lele, ikan lele jenis sangkuriang juga sangat digemari karena satu ekor induk dapat menghasilkan puluhan ribu telur yang siap untuk dijadikan benih. Jumlah telur ikan lele sangkuriang lebih banyak daripada ikan lele jenis lain, sekali bertelur dia menghasilkan 40.000 –  60.000 telur.

Tahan terhadap penyakit

Ikan jenis sangkuriang merupakan hasil dari rekayasa genetika sehingga ikan ini dibuat untuk lebih tahan terhadap penyakit daripada ikan lele lainnya. Ikan lele ini memppunyai daya tahan tubuh lebih baik sehingga penyakit jarang yang dapat masuk ke dalam tubuhnya.

Mudah dibudidayakan

Ikan lele sangkuriang terkenal dengan proses adaptasinya yang lebih baik dan cocok di banyak wilayah di Indonesia. Ikan ini dapat hidup di segala medan dan esegala suhu sehingga proses budidayanya cukup mudah dan makananya juga sangat mudah di dapatkan sehingga banyak disukai oleh para peternak.

Cara Budidaya Ikan Lele Sangkuriang di Kolam Terpal

Proses budidaya ikan lee sangkuriang sebenarnya ada beberapa pilihan media kolam seperti kolam drum , kolam tanah, kolam fiber, dan terpal. Namun kali ini kami akan membahas budidaya di kolam terpal karena cukup familier di masyarakat saat ini.

Lakukan beberapa hal berikut ini untuk membudidayakan ikan lele jenis sangkuriang di media kolam terpal agar mendapatkan hasil yang optimal dan menguntungkan.

  • Persiapan kolam : hal pertama yang harus dilakukan adapah mempersiapkan kolam terpal dengan ukuran sesuai yang anda inginkan, pastikan kolam steril dan kokoh tidak mudah rusak terkena angin maupun cuaca yang extrim.
  • Persiapan air : siapkan air yang bersih untuk mengisi kolam ikan lele, pastikan airnya jernih dan tidak mengandung kaporit agar dapat menjadi media budidaya yang baik untuk ikan lele sangkuriang.
  • Penebaran benih : ketika mau budidaya ikan lele sangkuriang pilihlah benih yang sehat dan tidak terkena penyakit. Anda dapat mempelajari bagaimana benih ikan lele yang baik dan sehat seperti apa. Ketika memasukan ke dalam kolam juga harus hati-hati agar ikan beradaptasi dulu di lingkungan baru sehingga tidak mudah stress.
  • Manajemen pakan : berilah pakan secara teratur dari kecil hingga siap panen, anda harus paham kapan ikan lele itu agresif makan dan kapan ikan lele tidak terlalu bernafsu makan. Pahami juga nutrisi yang diperlukan oleh ikan lele untuk proses pembesaran.
  • Manajemen air : seringlah ganti air kolam agar kondisi air tidak mudah terkena penyakit dan sisa-sisa pakan tidak menyebabkan gas beracun di dalam kolam.
  • Proses panen : dari tahap penebaran benih hingga panen membutuhkan waktu kurang lebih 60-70 hari , berhati-hatilah ketika panen dan usahakan jangan memberi pakan sehari sebelum panen agar tidak banyak makanan yang terbuang.

Itulah beberapa kelebihan dan juga cara budidaya ikan lele jenis sangkuriang yang sangat digemari oleh masyarakat di Indonesia. Pelajari seluk beluk tentang ikan lele sehingga anda benar-benar paham ketika mau membudidayakan ikan lele jenis sangkuriang.