Cara Budidaya Ikan Lele Mutiara

Cara Budidaya Ikan Lele Mutiara Untuk Pemula

Sobat Ternak – Budidaya ikan lele mutiara merupakan salah satu bisnis yang sangat menggiurkan karena lele jenis ini diklaim menjadi salah satu jenis ikan lele unggul yang lebih baik daripada jenis sangkuriang. Selain cepat panen ikan lele mutiara juga dianggap lebih tahan terhadap penyakit dan pembesaranya lebih mudah dan cepat.

Cara budidaya ikan lele mutiara ini juga tidak memakan biaya yang terlalu besar sehingga potensi untung bagi para peternak relatif besar. Ikan lele mutiara merupakan kepanjangan dari mutu tinggi tiada tara , ikan ini dikembangkan dari hasil penyilangan dari ikan jenis pyton, sangkuriang, mesir dan dumbo.

Ikan lele mutiara merupakan salah satu solusi produksi ikan lele nasional yang relatif menurun, dengan adanya ikan lele mutiara peternak diharapkan dapat menghasilkan ikan lele yang lebih banyak dan menguntungkan. Potensi untung ikan lele jenis ini juga cukup besar karena selain cepat tumbuh besar, ikan ini juga dapat tumbuh seragam sehingga tidak banyak terjadi filter ukuran besar dan kecil.

Kelebihan Ikan Lele Mutiara

Berikut ini beberapa kelebihan yang dimiliki oleh ikan lele mutiara sehingga banyak petani yang beralih budidaya ikan lele mutiara daripada jenis ikan lele lainnya. Anda juga dapat menjadikan ini referensi pilihan ketika mau budidaya ikan lele sendiri di rumah.

Potensi panen lebih cepat

Ikan lele mutiara ini diklaim lebih cepat tumbuh besar daripada ikan lele leinnya, jika ikan lele sangkuriang membutuhkan waktu panen sekitar 60-70 hari setelah penebaran benih ukuran 5-7 cm, ikan lele mutiara ini hanya membutuhkan waktu sekitar 40-50 hari saja, keren kan !

Pertumbuhan ikan seragam

Selain tumbuh lebih cepat, pertumbuhan ikan lele mutiara juga disebut lebih seragam dan seimbang sehingga anda tidak perlu repot memfilter dan memilih ikan lele besar dan kecil, hal ini juga lebih mempermudah pekerjaan para peternak ikan lele itu sendiri. Ikan lele yang tumbuh seragam akan lebih mudah merawatnya.

Tahan terhadap penyakit

Mirip dengan ikan lele jenis sangkuriang, ikan lele mutiara juga tahan terhadap penyakit. Ikan lele mutiara mempunyai daya tahan tubuh yang cukup bagus sehingga tidak mudah terserang penyakit seperti lele pada umumnya.

Mudah Bearadaptasi

Ikan lele jenis mutiara juga dikenal mudah menyesuaikan dengan keadaan lingkungan sekitar sehingga tidak mudah mati jika suhu lingkugnan berubah-ubah. Selain itu juga tidak mudah stress ketika pergantian air asalh proses pergantiannya teratur dan sesuai prosedur.

Cara budidaya ikan lele mutiara

Proses budidaya ikan lele mutiara ini juga tidak terlalu sulit, hampir mirip dengan cara budidaya ikan lele pada umumnya, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum merawat dan membesarkan ikan lele jenis mutiara ini.

  • Modal : hal pertama yang harus anda siapkan ketika mau budidaya ikan lele mutiara adalah modal, pastikan anda memiliki modal yang cukup untuk mempersiapkan kolam, benih, pakan dari penebaran hingga masa panen.
  • Persiapan kolam : hal selanjutnya yang harus anda siapkan yaitu kolam ikan, anda dapat menggunakan kolam ikan tanah, terpal, drum , fiber dan lain-lain sesuai kemauan dan kondisi lingkungan anda.
  • Persiapan air : usahakan menggunakan air yang sehat untuk mengisi kolam yang anda pakai untuk budidaya ikan lele jenis mutiara.
  • Penebaran benih : penebaran benih biasanya menggunakan bibit ikan lele berukuran 5-7 cm, pilihlah bibit yang sehat dan tidak cacat agar hasilnya juga optimal sehingga menghasilkan keuntungan yang besar.
  • Manajemen pakan : berikan makanan yang mengandung nutrisi seperti karbohidrat, vitamin, lemak, protein dan lain lain yang dibutuhkan oleh lele untuk proses pertumbuhanya.
  • Manajemen air : seringlah mengontrol kondisi air kolam ikan lele mutiara, jangan sampai ada makanan mengendap yang dapat menghasilkan gas beracun dan berbahaya bagi kesehatan ikan lele, untuk itu air juga harus sering diganti untuk kebaikan ikan lele.
  • Proses panen : dari tahap penebaran benih sampai panen memerlukan waktu kurang lebih 40-50 hari , pada saat ikan lele sudah tahap panen anda dapat mengurangi jumlah pakan agar tidak banyak yang terbuang dan membuat biaya budidaya membengkak.

Itulah beberapa kelebihan dan juga cara budidaya ikan lele mutiara yang baik bagi peternak pemula, pelajari dan pahami agar anda memiliki referensi yang cukup ketika mau budidaya ikan lele jenis mutiara ini, semoga bermanfaat.