Cara Membedakan Ikan Lele Jantan dan Betina

Perbedaan Lele Jantan dan Betina

Sobat Ternak – Bagi para peternak ikan lele yang sudah profesional mungkin sudah hafal dan paham perbedaan antara ikan lele jantan dan ikan lele betina, namun bagi pemula masih banyak yang belum paham perbedaanya. Secara sekilas memang ikan lele jantan dan betina hampir sama , namun jika diteliti lebih seksama, ternyata ada beberapa perbedaan yang mencolok diantara lele jantan dan betina.

Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang aktif pada malam hari, ikan lele ini dilengkapi dengan 4 sungut yang memiliki beberapa fungsi. Diantaranya yaitu untuk mendeteksi makanan di air yang keruh atau pada malam hari, selain itu juga berfungsi untuk sensor pelindung jika ada bahaya mendekat.

Bagi para peternak memang wajib mengetahui perbedaan ikan lele jantan dan betina, hal itu berfungsi untuk yang beternak benih dapat memfilter indukan betina dan juga jantan. Ikan lele merupakan salah satu ikan yang tidak mempunyai sisik di bagian tubuhnya, tubuhnya terdiri dari kulit yang dilapisi oleh lendir.

Anda dapat mencari perbedaan ikan lele jantan dan betina melalui bentuk fisik dan juga pergerakannya, berikut ini beberapa perbedaan ikan lele jantan dan juga betina yang dapat anda jadikan acuan untuk membedakan keduanya.

Perbedaan Warna Kulit

Lele betina memiliki warna kulit yang berwarna coklat kemerahan dan siripnya lebih gelap daripada lele jantan. Perbedaan yang lebih jelas yaitu dari kulitnya, ikan lele betina mempunyai kulit yang lebih halus daripada ikan lele jantan.

Ikan lele jantan mempunyai warna kulit yang cenderung lebih gelap namun siripnya jauh lebih terang daripada ikan lele betina. Selain itu dari segi kulit, ikan lele jantan memiliki kulit yang lebih kasar daripada ikan lele betina. Selain itu apabila sudah dewasa, pada bagian tubuh ikan lele jantan akan timbul bintik-bintik yang tidak ada pada ikan lele betina.

Perbedaan Bentuk Fisik

Dari bentuk fisiknya, anda juga dapat membedakan antara ikan lele jantan maupun betina karena bentuk fisiknya cukup berbeda. Ikan lele jantan memiliki ukuran tubuh lebih ramping daripada ikan lele betina, selain itu bentuk kepalanya juga lebih kecil. Akan tetapi pada bagian sirip ikan lele jantan lebih panjang.

Sedangkan ikan lele betina memiliki bentuk tubuh lebih besar dan perut buncit, hal itu karena untuk menampung telur. Bagian kepala juga lebih besar daripada ikan lele jantan namun siripnya lebih pendek.

Perbedaan Alat Kelamin

Sumber: tanipedia.co.id

Pada bagian alat kelamin ini ikan lele jantan dan betina juga sangat berbeda, ikan lele jantan memiliki alat kelamin yang runcing sedangkan ikan lele betina memiliki alat kelamin yang bulat kemerahan dan lubang yang melebar. Anda dapat melihatnya secara langsung atau meraba bagian tubuhnya dibawah perut.

Perbedaan Pergerakan

Ikan lele jantan dan betina juga dapat diketahui perbedaanya dari pergerakannya, ikan lele jantan lebih lincah dalam berenang dan lebih agresif daripada ikan lele betina. Sedangkan ikan lele betina biasanya berenangnya lebih lambat daripada ikan lele jantan.

Namun dari sisi pergerakan ini tidak bisa dijadika acuan pasti untuk membedakan ikan lele jantan dan betina, hal itu karena ada juga ikan lele betina yang pergerakannya lincah sehingga susah untuk dibedakan. Untuk itu anda harus mempelajari lebih lanjut ciri-ciri perbedaan ikan lele jantan dan betina lainnya.

Itulah beebrapa ciri-ciri dan cara membedakan antara ikan lele jantan dan betina, anda dapat langsung mempraktekan dan melihat secara langsung perbedaan ikan lele dan jantan tersebut, semoga bermanfaat.