Cara Budidaya Ikan Lele Masamo

Budidaya Ikan Lele Masamo

Sobat Ternak – Lele Masamo adalah jenis lele yang pertama kali di perkenalkan di Indonesia pada sepuluh tahun terakhir ini oleh salah satu perusahaan yang bergerak pada industri perikanan mereka mendatangkannya dari Negara Thailand.Ikan lele jenis ini memiliki banyak keunggulan yang membuat nya menarik untuk di datangkan di Indonesia guna di budidayakan.

Keunggulan ikan lele ini yakni dapat menyesuaikan diri di lingkungan dataran tinggi sehingga mampu hidup di air yang bersuhu rendah atau dingin.Selain itu keunggulan lainnya yang dimiliki oleh lele Masamo ini adalah daya tahan tubuh nya yang lebih kuat,pertumbuhan ikan ini pun lebih cepat jika dibandingkan dengan jenis ikan lele lainnya.Sehingga biaya yang dikeluarkan akan lebih efisien yang membuat keuntungan semakin bertambah pula.

Lele Masamo memiliki ciri khas fisik yang berbeda jika dibandingkan dengan lele jenis Dumbo,Sangkuriang dan Phyton.Perbedaannya terletak pada bagian kepala Lele Masamo yang lebih lonjong,sirip dan patil nya lebih tajam,tubuh nya memanjang dan berwarna kehitaman.

Budidaya Lele Masamo memiliki peluang bisnis yang cukup besar.Tapi,walaupun memiliki banyak keunggulan lele jenis ini juga memiliki kelemahan yaitu sifat pemakan sesama atau kanibal yang cukup tinggi.Tentu hal ini bisa merugikan,untuk mengatasi hal ini pemberian pakan harus cukup dan harus terus di perhatikan. Berikut ini langkah-langkah yang perlu anda perhatikan untuk budidaya ikan lele jenis masamo agar menghasilkan panen ikan lele yang optimal dan menguntungkan.

Pembuatan kolam

Hal pertama yang perlu kita lakukan ialah membuat kolam,usahakan lokasi kolam aman dari gangguan hewan dan terjaga kebersihannya. Kolam bisa kita bangun dalam bentuk kolam semen,kolam terpal,atau kolam yang terbuat dari tanah.Anda bisa mengisinya dengan air dengan suhu yang menyesuaikan masing-masing jenis ikan.Sebaiknya kita tidak langsung meletakkan ikan ke dalam kolam,akan tetapi kita perlu menumbuhkan fitoplankton dan lumut agar air tidak keruh.Letakkan ikan selang tiga atau tujuh hari kedepan.

Menentukan sumber air

Air yang digunakan untuk budidaya harus lah bersih dan terhindar dari limbah yang bisa mengganggu pertumbuhan lele.Tambahan tanaman air yang bisa menyerap racun yang masuk ke dalam kolam seperti eceng gondok sangat di anjurkan.

Memilih bibit yang unggul

Hal yang sangat penting dalam proses budidaya ialah pemilihan benih,karena benih sangat berpengaruh dengan kualitas lele nantinya.Untuk bibit Lele Masamo jantan,pilih lah benih yang kepalanya pipih,gerakan renangnya lincah,warnanya hitam gelap,dan ramping perutnya.Sedangkan untuk indukan betina pilihlah ikan yang perutnya terlihat lebih gemuk dibandingkan punggunggnya,apabila gerakannya cenderung lambat itu tak jadi masalah,lalu pilih yang kepalanya berbentuk cembung.

Menebar benih

Langkah selanjutnya ialah menebar benih,pilihlah waktu yang tepat yaitu pada saat lele dalam kondisi tenang, biasanya itu terjadi pada pagi dan malam hari. Sebar bibit secara perlahan jangan langsung menyebarnya secara bersamaan untuk menghindari benih mengalami stress.

Mengelompokkan ikan

Hal ini dilakukkan pada saat lele berusia dua puluh hari di kolam.Ikan lele yang berukuran dewasa atau besar sebaiknya dipisahkan dengan lele yang masih kecil.Hal ini dilakukkan guna menghindarkan sifat kanibal yang dimiliki oleh lele Masamo.

Pemberian pakan

Pemberian pakan dilakukkan 3 kali sehari yaitu pada waktu pagi, siang, dan malam. Pakan yang paling bagus di pilih ialah sentrat 781-1, pemberian pakan harus disesuaikan dengan porsi dan jumlah ikan lele yang ada di kolam. Jangan terlalu banyak memberi makanan kepada ikan lele karena akan menimbulkan masalah bagi ikan lele itu sendiri.

Masa Panen

Masa panen ikan lele Masamo ini bisa di lakukkan sekitar dua bulan atau paling lama dua setengah bulan.Perumbuhan ikan ini memanglah lebih cepat karena porsi makannya pun juga banyak.Bahkan ikan lele Masamo juga bisa di panen pada usia satu setengah bulan saja,tergantung pakannya.

Harga per ekornya sekitar Rp.70.000.omzet yang bisa kita peroleh dari usaha budidaya ini mencapai delapan juta dengan keuntungan bersih dua juta per bulannya. Demikianlah penjelasan mengenai budidaya ikan lele Masamo,semoga bermanfaat.